Disable Preloader

Berita

05 Agustus 2021

Material Berlapis Superkisi Alami dengan Metode DFT

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Fisika – LIPI) menyelenggarakan Kolokium Fisika Daring dengan judul “Material berlapis sebagai superkisi alami: Studi berkesinambungan dengan metode DFT” oleh Dr. Shibghatullah Muhammady dari The University of Tokyo, Kashiwa, Chiba, Jepang, pada Kamis (5/8). Shibghatullah menjelaskan komputansi material superkisi menggunakan pendekatan density functional theory (DFT).

Materi berlapis (layer compounds) terdiri dari perangkat optoelektronika, perangkat termoelektrika, perangkat spintronika.

“Material berlapis (RO)TmCh (R = La, Ce, Nd, Pr, Bi; Tm = Cu, Ag; and Ch = S, Se, Te) memiliki daya tarik karena sifat semikonduktor bertipe-p. Potensial material tersebut dalam aplikasi optoelektronik ditunjukkan pada nilai celah pita energi yang lebar pada (LaO)CuCh (Ch = S, Se, Te),” ujarnya.

Selain itu, sebagian material tersebut juga berpotensi pada aplikasi termoelektrik karena formasi superkisi alami pada struktur kristal terkait. Hal tersebut ditunjukkan oleh material (BiO)CuCh (Ch = Se, Te).

Lebih lanjut, bahwa penelitian berkesinambungan berkaitan sifat elektronik, termoelektrik, dan magnetik dari beberapa material berlapis, diperoleh dengan metode berbasis density functional theory (DFT). DFT memadu beberapa material yang ada di alam kemudian dihitung sifat-sifat elektronik, optik, dan magnetiknya.

Shibghatullah berharap penelitian tersebut dapat memberikan kontribusi yang baik bagi penelitian dan pengembangan perangkat fungsional terkait di masa depan. (hrd)