11 November 2021

Peneliti Fisika BRIN Raih L’Oreal-UNESCO in Science National Award 2021

Serpong - Peneliti Pusat Riset Fisika – Badan Riset dan Inovasi Nasional (PR Fisika – BRIN), Febty Febriani menjadi pemenang L’Oreal-UNESCO For Women in Science 2021 di tingkat Indonesia bersama dengan Peni Ahmadi, (PR Bioteknologi BRIN),  Fransiska Sri Herwahyu Krismastuti (PR Kimia BRIN),  dan Magdalena Lenny Situmorang (Institut Teknologi Bandung). Hal ini disampaikan pada Penganugerahan Inaugurasi Pemenang L’Oreal-UNESCO FWIS 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (10/11).

Febty Febriani menyampaikan risetnya berjudul ‘Assessment of Indonesian’s Crustal Heterogeneity Characteristic Based on Geomagnetic Data for Disaster Risk Reduction of Earthquake and Tsunami in Indonesia’. Bagi Febty, risetnya penting untuk dikembangkan karena Indonesia dikelilingi oleh lempeng-lempeng aktif tektonik membuat kondisi kerak bumi Indonesia menjadi heterogen. “Kondisi ini juga menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan kondisi seismik dan vulkanik yang aktif. Hal ini ditandai dengan banyaknya gempa dan gunung api yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya,” jelasnya.

Dirinya menjalankan risetnya dengan berkalaborasi dengan berbagai pihak. “Untuk L’Oreal ini kami berkolaborasi dengan Pusat Unggulan IPTEK Geomagnetik Universitas Mataram, Lombok, dalam menganalisa data geomagnetik untuk dicek validitasnya sebagai prekursor gempa bumi. Data geomagnetik ini digunakan untuk juga untuk mengetahui karakteristik kerak bumi Indonesia sehingga kita bisa memetakan bahaya, risiko dan kerentanan suatu daerah karena gempa,” tutur peneliti fisika ini.

Melanie Masriel, Direktur Komunikasi, Hubungan Publik dan Keberlanjutan L’Oreal Indonesia mengatakan, sudah menjadi komitmen kami di Loreal new create the beauty that moves the world atau menggerakkan Indonesia maju melalui L’Oreal Indoesia Science programs. “Kami berusaha untuk mendukung Indonesia maju dengan turut memajukan dunia science serta mendorong kemajuan ilmuan perempuan di Indonesia. Karena kami percaya bahwa ‘The World Needs Science and Science Needs Women’,” jelas Melanie

Program Loreal-UNESCO FWIS merupakan program yang diselenggarakan secara internasional selama lebih dari 20 tahun dan diadakan lebih dari 52 negara. Di Indonesia sudah dijalankan program sejak tahun 2004 dan bekerja sama dengan komisi nasional indonesia untuk UNESCO serta didukung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi, serta kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Program ini bertujuan untuk mengakui, menyemangati, juga mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmuwan perempuan pada khususnya. Hingga tahun 2021 ini, program L’Oreal-UNESCO FWIS nasional sudah akan memberikan fellowship dan dukungan pendanaan riset kepada 63 ilmuwan perempuan yang diantaranya sudah memenangkan fellowship di tingkat internasional.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, L’Oreal-Unesco FWIS kembali memberikan dukungan pendanaan riset senilai Rp 100 juta kepada masing-masing empat ilmuwan perempuan dan diharapkan bisa memberikan kontribusi penting pada dunia sains. (hrd/ ed. adl)