Disable Preloader

Berita

01 September 2021

Peneliti Fisika dan UMRAH Inisiasi Diskusi Publik Penguatan Riset Maritim

Serpong, Humas BRIN. Peneliti Pusat Penelitian Fisika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia/ Badan Riset Inovasi Nasional (P2F – LIPI/BRIN), Albertus Sulaiman, menjadi narasumber pada acara Diskusi Publik yang diadakan oleh Universitas Mataram Raja Ali Haji (UMRAH) Kepulauan Riau. Acara yang dilakukan secara virtual ini dibuka dengan sambutan dari Rektor UMRAH, Agung Dhamar Syakti, pada Selasa (31/8).

Melalui presentasinya, Albert menyampaikan materi dengan tema Riset dan Inovasi Sumber Daya Laut dan Pesisir. Diungkapkan oleh Albert, pada saat ini Badan Riset dan Inovasi (BRIN) berusaha untuk membangun iklim berstandar global, menabung ilmu pengetahuan dan menerapkan teknologi yang berdaya guna.

Peneliti yang tergabung dalam Kelompok Penelitian Fisika Sistem Kompleks ini , diundang oleh Rektor UMRAH dalam rangka inisiasi kerja sama UMRAH dengan LIPI-BRIN. Pada kesempatan tersebut, Albert memaparkan hasil penelitian yang sudah dan akan dikembangkan seperti monitoring dan modeling gelombang laut (surface and internal wave) dengan satelit Synthetic Aperture Radar (SAR), konsep shoreline management plan berbasis sedimen sel, dan smart mari-culture.

Rektor UMRAH menyambut baik transformasi LIPI menjadi BRIN dan meminta dukungan BRIN agar mewujudkan kampusnya menjadi center of excellent marine research di wilayah barat negara Indonesia. Salah satunya rencananya adalah mendirikan North Natuna Sea Research Center. Dirinya berharap agar kerja sama dapat ditidaklanjuti dalam waktu dekat. (mfn/ ed. adl)