Disable Preloader

Berita

27 Agustus 2021

Peneliti Fisika Raih Penghargaan Terbaik di Acara Kiprah LIPI 54 Tahun

Serpong, Humas LIPI. Merayakan hari ulang tahun yang ke 54 tahun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyeleggarakan acara “Kiprah LIPI di usia 54 Tahun” yang digerlar pada Kamis (26/8) secara virtual. Pada perayaan hari  ulang tahun LIPI tersebut, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengimbau sivitas LIPI untuk memaknai semangat inovasi, solusi untuk negeri. “Tema hari ini sederhana namun khidmat dan sesuai momentum melakukan refleksi diri, bergerak maju, menjawab tuntutan dan tantangan masyarakat kita,” tuturnya. 

Handoko menyampaikan bahwa sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia akan memasuki sejarah baru. ”Ke depan kita akan memasuki sejarah baru yang sebenarnya,” ungkapnya.  Senada dengan hal tersebut, Pelaksana Harian (Plh) Kepala LIPI Agus Haryono menuturkan bahwa LIPI akan terus berkiprah dan menjawab tantangan yang ada hingga nanti mejadi bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). “LIPI sebagai lembaga yang telah berdiri selama 54 tahun akan terus berkiprah dan bertransformasi menyikapi dinamika dan tantangan yang ada saat ini serta terus berkontribusi bagi bangsa dan negara hingga nanti menjadi bagian dari BRIN,” jelasnya. “Kita berharap perubahan ini membawa LIPI semakin baik, berskala global dan mengejar ketertinggalan kita dari negara lain,” pungkasnya.

Dalam acara perayaan “Kiprah LIPI di usia 54 Tahun”, terdapat berbagai rangkaian acara salah satunya adalah Penghargaan Individu SDM Iptek Terbaik di lingkungan LIPI. Penghargaan ini diberikan kepada sivitas-sivitas LIPI yang berprestasi. Untuk kategori Peneliti Terbaik berhasil diraih oleh sivitas Pusat Penelitian Fisika, Didik Aryanto. Didik mengungkapkan perasaannya  atas penghargaan yang ia terima. “Saya merasa termotivasi untuk menjadi peneliti yang lebih baik lagi,” ungkap peneliti bidang penelitian analisis X-ray diffraction (XRD), atomic forced microscopy, SEM, dan TEM ini. “Harapan saya, dengan Penghargaan Peneliti Terbaik ini dapat menginspirasi dan memotivasi peneliti lainnya guna meningkatkan iklim kompetensi agar kuantitas dan kualitas hasil penelitian LIPI bisa terus meningkat,” ujarnya. (whp)